iTuts - Smarphone Android dan iOS

Saturday, April 21, 2018

3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli iPhone

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Saat Akan Membeli iPhone - iPhone adalah Smartphone yang dikeluarkan oleh Apple dan pertama kali diperkenalkan oleh Steve Jobs pada 29 Juni 2007. iPhone saat ini menjadi sebuah smartphone exclusive dengan desain yang elegan dan harga yang mahal. Baru baru ini, iPhone meluncurkan smartphone terbarunya, yaitu iPhone 8, iPhone 8+ dan juga iPhone X (baca: ten). Umumnya, setiap iPhone generasi terbaru diluncurkan, maka generasi sebelumnya akan di discontinue pembuatannya. Selain iPhone baru (segel) yang baru rilis, ada juga iPhone refurbish atau iPhone yang sudah rusak dikembalikan ke Apple dan di ganti mesin atau sparepart-nya oleh apple kemudian dijual ulang dengan dengan Apple Certified Refurbished Products pada kardusnya. Namun, banyak orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal ini. Barang rusak yang seharusnya dikembalikan ke Apple ataupun yang sudah tidak bisa digunakan, oleh mereka disulap menjadi barang seperti baru dan dijual dipasaran. Hal ini sudah pasti sangat merugikan konsumen, tidak sedikit ornag yang pernah manjadi korban dari oknum oknum tersebut. Oleh karena itu, saya akan membagikan tips untuk kalian yang ingin membeli iPhone.


Berikut Cara Membedakan iPhone New (Original), Refurbish dan Rekondisi :

  • KARDUS
Hal yang bisa kita liat pertama adalah Kardus dari iPhone. Dengan harganya yang sangat mahal, tentu Apple tidak ingin setengah setengah dalam pembuatannya, begitu pula dengan kardus dan cara pembungkusannya. Kardus iPhone baru terlihat bersih namun tidak mengkilap. Selain itu bungkusnya juga sangat rapi. Sedangkan untuk iPhone Refurbish terdapat tulisan Apple Certified Refurbished Products pada kardusnya. Untuk iPhone rekondisi, biasanya pembungkusannya kurang rapi dan tidak terlihat elegan. Biasanya pada iPhone rekondisi Lokal terdapat garansi ataupun label pada kardusnya.


  • GARANSI

Pada iPhone Baru yang Original maupun iPhone Refurbish resmi Apple, kedua-duanya memiliki garansi resmi dari pihak Apple, garansi ini bisa di Claim langsung ke pihak Apple. Sedangkan pada iPhone rekondisi ataupun refurbish yang tidak resmi iPhone tersebut tidak memiliki garansi resmi saat di cek imeinya.


  • IMEI
Pada iPhone Baru yang Original maupun iPhone Refurbish resmi saat kita cek imeinya tembus, yang berarti keterangan yang muncul saat kita cek imei sama persis dengan barangnya dan juga yang tertera pada kardusnya, meliputi warna, nomor seri, maupun kapasitasnya. Sedangkan pada iPhone rekondisi, tak jarang warna yang muncul di halaman cek imei berbeda dengan barang yang kita beli, selain itu kapasitas dan nomor seri terkadang juga tidak cocok dengan apa yang tertera pada kardusnya.

Itulah 3 Hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli iPhone. Seperti kata pepatah, "lebih baik mencegah daripada mengobati" lebih baik kita mencari tahu tentang apa saja yang ingin kita beli sebelum kita tertipu dan merugi.

Sekian dan terimakasih :D


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Ingin Membeli iPhone