Aplikasi Penghemat Memori Internal Android

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Aplikasi Penghemat Memori Internal Android
Aplikasi Penghemat Memori Internal Android - Seiring berjalannya waktu, penggunaan memori internal di smartphone semakin bertambah dan memori internal pun semakin sesak. Apalagi bagi samrtphone lawas yang ingin menjalankan aplikasi-aplikasi terbaru. Hal ini membuat smartphone menjadi lag dan kurang responsive. Untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mencoba menggunakan beberapa aplikasi berikut ini untuk membuat memori internal di Android kalian menjadi lebih longgar.

Aplikasi Penghemat Memori Internal Android


1. ClearMeOut

Aplikasi pertama yang masuk ke daftar ini disebut ClearMeOut. Aplikasi ini dirancang oleh Indivisible Industries tidak memiliki tampilan yang ramah dan cantik, namun kemampuannya untuk menghemat kapasitas HP patut diacungi jempol. ClearMeOut bisa digunakan untuk menghapus isi folder tertentu secara berkala. Anda dapat mengatur waktu yang tepat agar aplikasi ini menghapus konten folder yang diinginkan.

Tak hanya itu, ClearMeOut juga bisa menghapus subfolder yang ada di folder dengan lancar dan terjadwal.

2. Gallery Doctor

Aplikasi kedua yang ada dalam daftar kami kali ini adalah Galeri Doctor yang dibuat oleh tim dari AVG Labs. Aplikasi ini sangat ampuh untuk membantu Anda dalam menghapus foto yang tidak layak untuk disimpan. Foto termasuk foto buram, foto duplikat, bahkan foto dengan pencahayaan dan ketukan yang buruk.

Keunggulan aplikasi ini secara otomatis App akan langsung mencari dan memilah foto atau gambar yang layak untuk disimpan supanya penggunanya terbantu dan tidak perlu memilih satu. Ini bagus untuk membantu menghemat penyimpanan di ponsel Anda.

3. Google Foto

Aplikasi ketiga, tapi bukan berarti itu tidak memiliki fitur yang kuat. Aplikasi ini disebut Google Foto dan sangat membantu Anda jika ingin mem-backup foto di penyimpanan Android ke media penampakan berbasis awan. Seiring berjalannya waktu, perangkat Anda akan semakin dipenuhi oleh foto dan video pribadi. Untuk mendapat ruang lebih luas dan tidak perlu membuang salah satu file berarti Anda harus membeckup kemedia lain. Oleh karena itu, aplikasi Google Foto ini adalah nilai sempurna saya sebagai pendamping media penyimpan foto Anda.

4. CCleaner

Bagi anda yang sering bergelut di dunia komputer, tentunya tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Setelah menjadi salah satu aplikasi pembersihan terpopuler di komputer, CCleaner sekarang menjelajahi dunia Android dengan menyiapkan aplikasi yang sama hebatnya seperti versi desktopnya. Anda dapat mengandalkan penghapusan penyimpanan Android dari file yang tidak perlu seperti file sementara, cache, thumbnail, hingga file APK yang tidak terpakai.

5. SD Maid

Aplikasi selanjutnya adalah SD Maid. Sama seperti aplikasi sebelumnya yang telah kita bahas, SD Maid memiliki kemampuan handal untuk menghapus file temporer yang sudah tidak digunakan lagi. Namun aplikasi ini memiliki satu fitur yang menjadi andalannya, yaitu Corpse Finder. Corpse Finder memungkinkan Anda untuk mencari dan menghapus file dan folder yang ditinggalkan oleh aplikasi yang telah dihapus sebelumnya, sehingga penyimpanan Android Anda dapat lebih lega dan bersih.