Google Resmi Merilis Android 9 Pie

Google Resmi Merilis Android 9 Pie
Google Resmi Merilis Android 9 Pie

Google Resmi Merilis Android 9 Pie - Google akhirnya resmi merilis Android P. Bukan Pistachio seperti diungkap oleh Huawei beberapa waktu lalu, Google menyebutnya dengan Android 9 Pie.

Sejumlah fitur baru dihadirkan Google pada pembaruan Android 9 Pie ini. Pertama ada sistem navigasi baru.

Sebelumnya pada Android kita menemukan tiga tombol di bagian bawah, yakni Home, Back dan Multitasking. Di Android 9 Pie hanya ada satu tombol untuk pengoperasiannya.

Cara menggunakannya hanya mengeser ke atas untuk membuka app drawer. Geser ke kiri dan kanan untuk membuka aplikasi yang sedang berjalan.

Fitur menarik lainnya meliputi adaptive battery dan adaptive brightness. Keduanya memanfaatkan machine learning untuk menyesuaikan setting baterai dan layar sesuai kebiasaan penggunanya.

Android 9 juga membantu pengguna menyelesaikan berbagai hal lebih cepat dengan App Actions. Memprediksi apa yang ingin pengguna lakukan selanjutnya berdasarkan kebiasaan.

Contoh kegunaan fitur ini, ketika kita sering menghubungi ibu, maka kontak ibu mungkin nanti akan diletakkan di app drawer secara otomatis. Lalu misalnya kita menyambungkan headphone, lagu di Spotify otomatis berlanjut.

Kemampuan anyar berikutnya bernama Slices, yang memungkinkan user lebih gampang memakai aplikasi yang dibutuhkan tanpa harus mengakses. Contohnya saat mencari aplikasi taksi online tertentu, Google akan otomatis menunjukkan di pencarian itu berapa ongkos ke tempat kerja.

Android P agaknya juga berusaha mengatasi kecanduan orang pada smartphone. Ada fitur dashboard Digital Welbeing yang menunjukkan seberapa lama pengguna mengaksea ponsel dan aplikasi apa yang paling banyak dilihat.

Jika merasa 'ngeri', maka pengguna bisa membatasi waktu memakai aplikasi dengan App Timer. Tak ingin diganggu notifikasi, cukup balikkan ponsel dengan layar ke bawah dan otomatis langsung silent.

Serta ada Wind Down, yang mengaktifkan Night Light dan Do Not Disturb, kemudian memudar layar menjadi grayscale sebelum tidur.

Pembaruan Android Pie telah dikirimkan ke pengguna Pixel. Selanjutnya ponsel yang terdaftar di beta program akan segera mendapatkan update tersebut dalam waktu, meliputi Essential Phone, Oppo R15 Pro, Nokia 7 Plus, Sony Xperia XZ2, Xiaomi Mi Mix 2S, Vivo X21, OnePlus 6.